Loading...

Ingat, Pendaftaran CPNS 2018 Hanya Lewat Situs SSCN

bukacpns.com - Informasi CPNS 2018 -  Sampai saat ini pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) masih belum dibuka.

Memang sempat dikabarkan akan dibuka pada akhir Juli 2018, namun memasuki Agustus pun masih belum ada kabar terkait pembukaan pendaftaran CPNS 2018

Pemerintah sepertinya benar-benar serius untuk mempersiapkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 secara matang.
Panitia Seleksi Nasional (Paselnas) dalam hal ini Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan jika sistem infrastruktur rekrutmen CPNS sudah dipersiapkan.

Antara lain Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan sistem Computer Asissted Test (CAT).


Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk penerimaan CPNS 2018 ini, portal pendaftaran resmi sscn.bkn.go.id telah diperbaiki dan katanya akan lebih mudah digunakan.

"Hal ini telah disampaikan Kepala BKN di Kementerian PANRB bersama Tim Teknis Kelompok Kerja (Pokja) Pengawasan, Pokja Pengamanan Teknologi, Pokja Audit IT dan Quality Assurance (QA) Panselnas,” kata Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan, Kamis (2/8/2018).

Ridwan menjelaskan jika portal SSCN tahun ini juga akan lebih user friendly.

"Perlu kami sampaikan bahwa Portal SSCN kini telah diperbaiki menjadi lebih user friendly berkat adanya self guided mechanism yang akan meminimalisasikan kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan," tuturnya.

Menurut info terbaru, telah dipersiapkan sistem terbaru di mana pendaftar akan diberikan informasi real time tentang jumlah pelamar pada formasi dan K/L/D (Kementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah) tertentu

Karena belum adanya pengumuman resmi kapan pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka, portal resmi sscn.bkn.go.id pun hingga saat ini belum dapat diakses.

Portal tersebut akan segera dibuka setelah adanya pengumuman resmi oleh pemerintah atau pun Kemenpan RB.

Sementara itu, perubahan lain terletak pada sistem pendaftaran CPNS 2018.

Jika pada seleksi CPNS tahun sebelumnya, pendaftar harus melakukan registrasi melalui dua portal, kali ini semuanya terintegrasi menjadi satu portal.

Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka BKN), Iwan Hermanto, menyatakan bahwa pendaftaran CPNS akan terintegrasi melalui satu portal nasional yaitu http://sscn.bkn.go.id.

Pelamar tinggal melengkapi data diri, mengisi semua dokumen yang dipersyaratkan dan diunggah ke website sscn.bkn.go.id.

Tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Untuk keperluan latihan para calon pendaftar CPNS 2018, pemerintah telah menyediakan sebuah laman resmi untuk melakukan simulasi tes berbasis sistem Computer Assisted Test (CAT).

Bagi mereka yang ingin mendaftar CPNS 2018, dan ingin menguji kesiapannya dalam menghadapai tes, dapat mengunjungi laman Simulasi Tes CAT BKN

Simulasi CAT BKN ini berisi kumpulan soal dari TIU (Tes Intelegensi Umum), TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), hingga TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Sementara itu, sampai saat ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RA, Asman Abnur menegaskan jika pendaftaran CPNS belum dibuka.

"Belum ada informasi penerimaan CPNS," tegasnya.

Banyak informasi yang seolah-olah mengatakan pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada Juli 2018

Asman menyebut informasi yang beredar itu tidak benar.

"Semua masih dalam proses," tambahnya.

Pendaftaran resminya hanya bisa melalui laman sscn.bkn.go.id

Namun, hingga saat ini laman tersebut belum dibuka ke publik.

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan menyebut, laman mulai bisa diakses setelah pendaftaran CPNS resmi diumumkan.

Sekali lagi, pendaftaran CPNS 2018 tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Pengumuman CPNS 8642817434043614758

Posting Komentar

emo-but-icon

Beranda item